Sosialisasi Integrasi Aplikasi e-Kohort, MPDN dan Komdat Kesmas

Dalam rangka menciptakan layanan kesehatan terbaik di Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan PT. Sijariemas Teknologi Inovasi mengembangkan e-Kohort KIA. Disamping itu, dikembangkan pula Maternal Perinatal Death Notification (MPDN), dan Komunikasi Data Kesehatan Keluarga (Komdat Kesmas).

Dalam kesempatan beberapa hari lalu, pada 14 Juni 2021 dilaksanakan sosialisasi integrasi ketiga sistem tersebut. Wisnu Trianggano, Kepala Sub Administrasi Umum Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan, menyampaikan mengenai berbagai rangkaian bagi pengguna aplikasi untuk menyatukan fungsi dari ketiga aplikasi tersebut. Dalam proses integrasi, aplikasi e-Kohort dan MPDN berfungsi untuk menyalurkan data mengenai indikator cakupan dan kematian ibu dan anak ke aplikasi Komdat Kesmas. Selain itu, aplikasi e-Kohort dan MPDN juga berfungsi sebagai bentuk notifikasi kematian guna menekan angka kematian ibu dan anak.

Dengan dilakukannya integrasi dari ketiga aplikasi tersebut, diharapkan pelaporan data pelayanan kesehatan di Indonesia dapat tersampaikan dengan baik demi mendapatkan feedback segera guna menghadirkan keluaran pelayanan kesehatan terbaik di Indonesia.

Scroll to Top